Studi Empiris Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Industri Jasa Konstruksi Di Kota Surakarta

NUGROHO PRAPTOMO, AGUNG (2013) Studi Empiris Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Industri Jasa Konstruksi Di Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf

Download (418kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (949kB)

Abstract

Dunia bisnis jasa konstruksi saat ini ditandai dengan meningkatnya kompetisi dari jumlah perusahaan yang semakin pesat. Manajemen harus berhati-hati dengan kondisi ini dan mempersiapkan semua aspek yang terkait dalam rangka untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi dan inovasi sebagai strategi keunggulan bersaing yang berkelanjutan terhadap kinerja perusahaan jasa konstruksi. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan metode SEM. Data diambil dari wawancara 105 direktur perusahaan jasa konstruksi di kota Surakarta. Hasilnya ditemukan bahwa diferensiasi dan inovasi memiliki pengaruh positif terhadap strategi keunggulan bersaing yang berkelanjutan yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil kuisioner yang ditujukan kepada para direktur menunjukkan bahwa tingkat pendidikan terbanyak adalah S1 (37,1%), latar belakang pendidikan terbanyak dari multi disiplin ilmu (38,1%), usia bekerja yang paling banyak kurang dari 40 tahun (67,6%), lama bekerja paling banyak antara 3 sampai 4 tahun (74,3%). Data kemudian diolah menunjukkan ketiga variabel tersebut menunjukkan taraf signifikan 5% N = 105, dengan ttabel (5%) = 0,195 sehingga dapat dilihat dan diketahui bahwa diferensiasi, inovasi dan strategi keunggulan bersaing berkelanjutan valid, sebab korelasi pearson di atas 0,195. Dari hasil analisis SEM diperoleh bahwa model ini dapat diterima. Tingkat signifikansi sebesar > 0.90 menunjukkan bahwa hipotesa nol yang artinya menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara matriks kovarians sampel dan matriks kovarians populasi sehingga estimasi tidak dapat ditolak. Akhirnya hasil penelitian ini disampaikan bahwa diferensiasi dan inovasi merupakan faktor yang sangat penting dalam persaingan usaha jasa konstruksi. Bahkan merupakan strategi pemasaran yang harus dilakukan setiap pemangku kepentingan agar selalu dapat berkembang dalam dunia bisnis.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: diferensiasi, inovasi, strategi keunggulan bersaing berkelanjutan, kinerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 10:36
Last Modified: 03 Sep 2013 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item