Peningkatan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Semester II MI Muhammadiyah Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013

ZULAIKHAH, UMI (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Semester II MI Muhammadiyah Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas V semester II, MI Muhammadiyah Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data yang digunakan adalah analisia komparatif dan analisa kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran demonstrasi, motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V semester II, MI Ngasinan Garangan Kecamatan Wonosegoro kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013 bisa meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dari prosentase kenaikan motivasi belajar siswa sebelum penelitian hanya mencapai 29 % ( 7 siswa ) kemudian pada siklus I mulai diterapkan metode demonstrasi, meningkat menjadi 58 % ( 14 siswa ) setelah dilakukan revisi dan evaluasi meningkat menjadi 83 % ( 20 siswa ) yang mempunyai motivasi belajar tinggi, pada akhir siklus II

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, metode pembelajaran Demonstrasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 06:41
Last Modified: 03 Sep 2013 14:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item