Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013

Wisma Sari, Evi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV semester II SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolalai Tahun 2012/2013 atau tidak . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan metode bermain peranyang dilakukan dua siklus. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa Kelas IV semester II SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolalai Tahun 2012/2013 yang berjumplah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan merenapkan metode bermain peran menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dalam mengikuti belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini diperoleh metode bermain peran dapat meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV semester II SD Negeri I Gosono Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolalai Tahun 2012/2013. Pembelajaran sebelum penelitian hanya 4 siswa (19%) yang mampu mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian peneliti menerapkan metode bermain peran meningkatkan keaktifan siswa menjadi 12 siswa (57%), peneliti mengadakan evaluasi melaksanakan siklus II menjadi 17 siswa (81%) keaktifan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Keaktifan, Siklus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 06:28
Last Modified: 01 Nov 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25471

Actions (login required)

View Item View Item