Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 2 Manyaran, Karanggede, Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Sukahayati, Suci and , Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 2 Manyaran, Karanggede, Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 atau tidak serta untuk mengetahui sejauhmana peningkatannya. (2) Untuk mengetahui proses penerapan metode Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. (3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan mengajarkan Contextual Teaching Learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Subyek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian bahwa (1) Metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar IPS bahwa pada pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 66,25, siklus I sebesar 70,00, dan siklus II sebesar 75,63 sehingga meningkat sebesar 9,38 point. (2) Peningkatan yang dicapai oleh siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 dalam belajar IPS dengan metode Contextual Teaching and Learning sebesar 9,38 point. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus adalah 66,25 meningkat menjadi 75,63 pada siklus II. (3) Langkah-langkah dalam belajar IPS dengan metode Contextual Teaching and Learning yaitu (a) Melakukan hubungan yang bermakna dengan siswa melalui apersepsi, memberi motivasi, dan pertanyaan diawal pembelajaran (2) Melakukan kegiatan-kegiatan yang berarti seperti tanya jawab, penugasan, menyediakakan media pembelajaran yang nyata di kehidupan siswa, (3) Memberikan pembelajaran dikelas yang aktif dengan memberikan media pembelajaran yang tidak asing bagi anak-anak berupa mobil, xv pesawat, laptop, dll, (4) Memberikan kerjasama siswa dalam kelompok, guru membantu mereka memahami bagaimana mereka saling mempengaruhi dan saling berkomunikasi. (5) Melakukan penilaian yang otentik pada siswa untuk menerapkan informasi dan keterampilan akademik baru dalam situasi nyata untuk tujuan tertentu. (4) Kelebihan dan kekurangan mengajarkan Contextual Teaching Learning pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 bahwa kelebihannya (a) Siswa memperoleh gambaran nyata tentang lingkungan sekolah, (b) Siswa mengetahui dan dapat mempraktekkan langsung materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran. Sedangkan kekurangannya yaitu (a) Guru belum maksimal menjadi fasilitator bagi siswa karena siswa berkelompok dan mencari tempat yang nyaman di lingkungan sekolah, (b) Siswa kurang memaksimalkan waktu yang disediakan guru, karena terkadang mengobrol sama teman-temannya, dan (c) Fokus guru terbelah karena siswa memilih tempat sendiri-sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 05:51
Last Modified: 29 Oct 2021 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item View Item