Asuhan Keperawatan Keluarga Tn.T dengan Masalah Utama Sistem Pernapasan: Asma pada Ny.T di Desa Pucangan Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo

Khamdan, Muhammad and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Asuhan Keperawatan Keluarga Tn.T dengan Masalah Utama Sistem Pernapasan: Asma pada Ny.T di Desa Pucangan Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : Asma bronkhial secara umum terjadi ketika bronkhi mengalami inflamasi atau peradangan dan respon berlebih akibat suatu rangsangan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan. Asma bronkhial ditandai dengan kesulitan bernapas atau sesak napas, batuk, mengi, dan meningkatnya produksi sputum. Banyak faktor penyebab terjadinya asma, seperti polusi udara, dingin, stress, dan kecapekan. Hal ini membuat penyakit asma masih banyak dijumpai di wilayah kartasura. Dari data Puskesmas angka kejadianya sebanyak 9 kasus selama bulan April 2013. Tujuan : Untuk megetahui asuhan keperawatan keluarga pada pasien dengan asma meliputi pengkajian, intervensi keperawatan, implementasi dan evaluasi Hasil : Setelah dilakukan penkajian dan asuhan keperawatan keluarga selama 3x kunjungan dalam satu minggu di dapatkan hasil pasien terlihat sesak napas, batuk, suara napas mengi, keluarga tidak bisa menjelaskan tentang penyakitnya, dan setelah dilakukan tindakan keperawatan bersihan jalan napas efektif dan sesak napas berkurang, pengetahuan pasien tentang pengertian penyakit asma, tanda gejala, dan pengobatan tentang penyakit asma meningkat. Kesimpulan : Kerja sama dengan pasien atau keluarga sangat diperlukan untuk keberhasilan asuhan keperawatan pada pasien, komunikasi terapeutik dapat mendorong pasien lebih kooperatif, pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, dan mendemontrasikan cara perawatan atau pengobatan dapat meningkatkan kemampuan keluarga untuk merawat anggota keluarga yang sakit asma.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nursing care family, respiratory system, asthma, health center society.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 08:41
Last Modified: 22 Oct 2021 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25465

Actions (login required)

View Item View Item