Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

J I Y O , JIYO (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry Discovery Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (316kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img]
Preview
PDF (NASAKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (671kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III SD Negeri 2 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan melalui penerapan metode guided inquiry-discovery. Penelitian ini menggunkan metode Pnelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, di mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitialan ini berlangsung dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, lembar observasi,wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan adalah model analisis interaktif ,yaitu keterkaitan antara tiga penarikan kesimpulan/verikasi. Hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan : penerapanmetode guided inquiry – discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pembelajaran gerak benda pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ngraji kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Hal ini dapat dilihat dalam prosentase kenaikan nilai ulangan IPA materi gerak benda pada siswa kelas III, dari siklus 1 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 9 anak atau 47,37% dari 19 anak , pada siklus 2 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 10 anak atau 52,63% dari 19 siswa dan siklus 3 siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 17 anak atau 89,47% dai 19 anak. Dari siklus 1 kemudian dilaksanakan siklus 2 hasil belajar siswa mengelami prosentase kenaiakan 5,26%, dari siklus 2 kemudian dilaksanakan siklus ke 3 mengalami kenaikan 36,84% Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran melalui penerapan metode guided inquiri discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas III SD Negeri 2 Ngraji kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, penerapan Metode Guided Inquiri - Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 05:37
Last Modified: 03 Sep 2013 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25464

Actions (login required)

View Item View Item