Peningkatan Aktifitas Siswa Dan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Group Investigation Kelas V SDN 2 Tambakboyo Tahun 2012/2013

Sasongko, Ario and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Aktifitas Siswa Dan Hasil Belajar IPA Dengan Strategi Pembelajaran Group Investigation Kelas V SDN 2 Tambakboyo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Halamanan Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi group investigation dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar IPA di kelas V SDN 2 Tambakboyo, Pedan, Klaten. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tambakboyo Pedan dengan jumlah siswa 36 anak masing masing 16 putra dan 20 putri, pada kondisi awal hanya terdapat 14 siswa yang nilainya mencapai KKM sedangkan 22 siswa nilanya dibawah KKM. Penelitian ini menekankan proses aktifitas siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti dalam melaksanakan menggunakan 2 siklus, pada siklus I penerapan strategi group infestigatian tanpa menggunakan media tingkat keaktifan siswa terdapat 18 siswa atau 50% yang menunjukkan aktifitas yang baik dan 18 siswa atau 50% menunjukkan aktifitas tidak baik ini disebabkan karena siswa masih merasa asing dengan strategi group infestigation, di siklus I peneliti juga melakukan evaluasi dengan hasil 18 siswa yang tuntas 18 siswa belum tuntas atau hanya 50% dari jumlah siswa. Siklus II penulis memperbaiki kekurangan penerapan strategi group infestigation, jika di siklus I pembelajaran tanpa media maka di siklus II peneliti dalam penerapannya dengan menggunakan media. Siklua II terlihat tingkat keaktifan siswa mulai tingi yaitu 24 baik dan 4 sangat baik, selain itu peneliti juga melakukan evaluasi dengan hasilnya terdapat 28 siswa atau 77% telah mencapai nilai KKM. Penelti dalam pembatasan penelitian ini tingkat keberhasialan hanya mencapai 70% dari jumlah siswa telah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini penelit dapat mengambil kesimpulan bahwa melalui strategi group infestigation dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Tambakboyo Pedan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktifitas dan hasil bejar, group infestigatio.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 05:24
Last Modified: 26 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item View Item