Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Yang Tidak Memiliki Pasangan Hidup di Desa Tlingsing Cawas Klaten

Aspriani, Santi and , Arina Maliya, S.Kep., M.Si.Med. and , Dwi Handoyo , S.Kep., Ns. (2013) Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Yang Tidak Memiliki Pasangan Hidup di Desa Tlingsing Cawas Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penuan adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari, berjalan secara terus-menerus, dan berkesinambungan. Selanjutnya akan menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis, dan biokimia pada tubuh sehingga mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Lansia akan mengalami banyak rasa duka cita karena kehilangan seseorang yang dicintai atau dekat, misalnya kematian pasangan, kematian keluarga kawan dekat dan lain-lain. Perubahan kedudukan pekerjaan atau pensiun akan berdampak juga terhadap penurunan kondisi fisik mental pada lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemenuhan kebutuhan spiritual dengan tingkat kecemasan pada lansia yang tidak memiliki pasangan hidup di Desa Tlingsing Cawas Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 118 responden dengan pengambilan sampel dengan menggunakan proportional stratifed random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik Chi Square. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden pemenuhan kebutuhan spiritual buruk responden (17%), mayoritas responden memiliki pemenuhan kebutuhan spiritual cukup 84 responden (71%), dan baik 11 responden (12%). Sedangkan mayoritas reseponden memiliki tingkat kecemasan ringan 43 responden (36%) dan mayoritas memiliki tingkat kecemasan sedang 75 responden (64%). Hasil analisis menunjukkan ada Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Spiritual dengan Tingkat Lansia Yang Tidak Memiliki Pasangan Hidup Di Desa Tlingsing Cawas Klaten dengan p-value = 0,002. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan. Sedangkan Keeratan hubungan menunjukkan kurang, yaitu ditunjukan oleh nilai koefisiensi korelasi sebesar -0,231.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan spiritual, kecemasan, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Sep 2013 11:21
Last Modified: 01 Jun 2016 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25442

Actions (login required)

View Item View Item