Peningkatan Keterampilan Berhitung Konsep Perkalian Dan Pembagian Melalui Pembelajaran Tematik Koperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas Ii SDN 2 Putatsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Aspiyah, Aspiyah (2013) Peningkatan Keterampilan Berhitung Konsep Perkalian Dan Pembagian Melalui Pembelajaran Tematik Koperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas Ii SDN 2 Putatsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SDN 2 Putatsari semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dua pertemuan, dilanjutkan siklus kedua yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Berdasarkan deskripsi uraian dalam deskripsi pelaksanaan tindakan, hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh data adanya peningkatan keterampilan berhitung pada setiap siklus. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus 2 nilai siswa meningkat menjadi 79. Jadi ada peningkatan sebanyak 11. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berhitung pada pembelajaran matematika konsep perkalian dan pembagian di kelas II SDN 2 Putatsari semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berhitung, penjumlahan dan pengurangan, model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 11:00
Last Modified: 02 Sep 2013 11:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25441

Actions (login required)

View Item View Item