Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Monggot Geyer Grobogan Tahun 2012 / 2013

Harseno , Miadji (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Monggot Geyer Grobogan Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Monggot Kecamatan Geyer tahun ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode STAD dengan jumlah siswa sebanyak 27 yang dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 5 sampai 6 anak.Masing-masing kelompok mempresentasikan konsep perubahan wujud benda karena dibakar dan dipanaskan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Monggot,pengambilan sampel dilakukan dengan observasi didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran konsep perubahan wujud benda karena dibakar dan dipanaskan dengan menggunakan metode STAD lebih efektif dalam neningkatkan kreativitas belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya kompetensi dasar konsep perubahan wujud benda. Saran yang diberikan adalah penerapan metode STAD perlu dikembangkan pada konsep lian yang mempunyai permasalahan yang sama

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektifitas penerapan metode stad, kreativitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:50
Last Modified: 02 Sep 2013 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item View Item