Wahyuni, Endah and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Sukolilo Kecamatan Sukolilo Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (883kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (886kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (784kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen pada siswa kelas IV di SD Negeri 03 sukolilo kecamatan Sukolilo tahun ajaran 2012/ 2013. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas SDN 03 Sulkolilo, yang berjumlah 23 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru senior sebagai teman sejawat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA materi mendiskripsikan energi panas dan sifat-sifatnya menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 03 Sukolilo Tahun Ajaran 2012/ 2013. Peningkatan motivasi belajar IPA dapat dilihat pada peningkatan siklus I motivasi siswa meningkat 60% atau 13 siswa dari sebelum tindakan yaitu 45% atau 10 siswa, berdasarkan indikator pencapain pada penelitian pada siklus I 60% maka siklus I di nyatakan berhasil, namun peneliti ingin meningkatkan motivasi belajar IPA tidak sampai disitu saja, maka dilakukan tindakan siklu II dengan hasil peningkatan motivasi belajar IPA meningkat yaitu 76% atau 17 siswa meningkat dari sebelumnya pada siklus I yaitu 60% atau 13 siswa, dari hasil penelitian pada siklus II sudah memenuhi indikator pencapain pada siklus II yaitu 75%. Dari fakta diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode ekeperimen dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 sukolilo kecamatan Sukolilo tahun ajaran 2012/ 2013. Terbukti dan dapat diterima kebenaranya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode eksperimen, motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 10:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25438 |
Actions (login required)
View Item |