Pengaruh Penambahan Teknik Relaksasi Progresif Pada Terapi Latihan Terhadap Penurunan Nyeri Post Section Caesarea Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi

Rahman, Farid and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc (2013) Pengaruh Penambahan Teknik Relaksasi Progresif Pada Terapi Latihan Terhadap Penurunan Nyeri Post Section Caesarea Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang: Nyeri merupakan salah satu permasalahan utama pada post section caesarea, Nyeri harus ditangani sedini mungkin. Salah satu modalitas fisioterapi pada penanganan nyeri adalah teknik relaksasi progresif dan terapi latihan. Tujuan Penelititan: Mengetahui pengaruh penambahan teknik relaksasi progresif pada terapi latihan dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post section caesarea serta mengetahui perbedaan pengaruh penambahan teknik relaksasi progresif pada terapi latihan dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post section caesarea. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada pasien post section caesarea sebanyak 77 orang yang dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok teknik relaksasi progresif dan terapi latihan dan kelompok terapi latihan. Dosis latihan yang diberikan adalah setiap hari selama masa perawatan, 2x8 setiap gerakkan pada terapi latihan dan 8- 10 detik tension pada teknik relaksasi progresif. Pengukuran nyeri menggunakan Visual Analogue Scale (VAS) dengan desain penelitian pre-post test design dengan analisis data menggunakan uji T-Test untuk kelompok perlakuan. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penambahan teknik relaksasi progresif pada terapi latihan dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post section caesarea (p=0.00) dan ada beda pengaruh antara penambahan teknik relaksasi progresif pada dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post section caesarea (p=0.00) Kesimpulan: Ada pengaruh penambahan teknik relaksasi progresif pada terapi latihan dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post sectionn caesarea dan ada beda pengaruh antara penambahan teknik relaksasi progresif pada dan terapi latihan terhadap penurunan nyeri post section caesarea.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyeri, Teknik Relaksasi Progresif, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:38
Last Modified: 26 Apr 2016 08:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25437

Actions (login required)

View Item View Item