PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA VENDOR GSM DI KALANGAN MAHASISWA UMS

GHUPTA , NARENDRA CHANDRA (2008) PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA VENDOR GSM DI KALANGAN MAHASISWA UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
B100040022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa dengan kepuasan mahasiswa pengguna vendor GSM dan mengetahui pengaruh kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa pengguna vendor GSM. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dijadikan sebagai wujud perimbangan dari peneliti untuk kedepannya produsen vendor GSM dapat menginterprestasikan hasil penelitian di dalam sebuah kebijakan strategis dalam rangka menjaga kualitas pelayanan demi membentuk konsumen yang loyal. Penelitian ini merupakan penelitian struktural yang memungkinkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relative “rumit” secara simultan, sehingga pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menggunakan Vendor GSM, sedangkan sampel penelitian adalah 100 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tangible (X1) dengan nilai C.R sebesar 2,782 (p= 0,005), berarti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Reliability (X2) dengan nilai C.R sebesar 0,790 (p= 0,429), berarti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Responsiveness (X3) dengan nilai C.R sebesar 1,111 (p= 0,266), berarti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Assurance (X4) dengan nilai C.R sebesar 2,267 (p= 0,023), berarti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Emphaty (X5) dengan nilai C.R sebesar 0,437 (p= 0,662), berarti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai C.R sebesar 8,079 (p= 0,000), berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil pengujian direct effect, indirect effect, dan total effect diketahui bahwa tangible, reliability, esponsiveness, assurance dan emphaty berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas konsumen vendor GSM pada kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui kepuasan konsumen. kepuasan konsumen, loyalitas konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 12 Jun 2009 06:58
Last Modified: 16 Nov 2010 22:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item