Penerapan Model Cooperative Learning Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa kelas V SD N I Klego Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Rinaningsih, Rinaningsih and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Penerapan Model Cooperative Learning Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa kelas V SD N I Klego Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran IPS melalui model Cooperative Learning Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN I Klego tahun pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN I Klego yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif, kritis dan model alir yang terdiri dari empat komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan model Cooperative learning Snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas V SDN I Klego, yaitu ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar, pra siklus hanya 41,18%, siklus pertama 64,71% dan siklus kedua menjadi 94,12%, (2) Cara penerapan model Cooperative Learning Snowball Throwing (a) Guru membentuk siswa berkelompok, lalu memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang meteri, (b) Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada temannya, (c)Kemudian masing-masing siswa diberi satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan, (d) Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain, (e) Setelah siswa dapat satu bola atau satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, model cooperative learning snowball throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:04
Last Modified: 26 Oct 2021 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25427

Actions (login required)

View Item View Item