Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Dua Angka Melalui Media Jari Tangan Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD N 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013

Handayani, Sri and , Drs. M.Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Dua Angka Melalui Media Jari Tangan Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD N 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (902kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (411kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dua angka melalui media jari tangan pada siswa kelas II pada SD N 2 Ledokdawan Kecamatan geyer Kabupaten Grobogan. Penelitian Tindakan Kelas ini subyek penerima tindakan adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Ledoklawan yang berjumlah 20 orang dan pelaku tindakan adalah peneliti sebagai guru. Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, ted dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan ketrampilan berhitung perkalian dua angka melalui media jari tangan sebanyak 52%. Peningkatan ketrampilan tersebut terlihat pada 5 indikator yaitu perhatian siswa pada materi, keberanian siswa dalam bertanya, semangat siswa dalam mengikuti pelajara, kemampuan siswa serta kesanggupan pada aturan kelompok dan keaktifan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media jari tangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian duaangka pada siswa kelas II SD Negeri 2 Ledokdawan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berhitung dua angka, media jari tangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 07:41
Last Modified: 26 Oct 2021 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item