Peningkatan Keterampilan Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Media Dakon Pada Siswa Kelas 3 Semester Ii Sd Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2012/2013

Rondiyatun, Rondiyatun (2013) Peningkatan Keterampilan Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Media Dakon Pada Siswa Kelas 3 Semester Ii Sd Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (255kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang melalui penerapan media Dakon pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa 3 SD Negeri 2 Mojoagung yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang melalui media dakon dapat meningkat minimal 80% dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media dakon dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD Negeri 2 Mojoagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peroleh skor pada siklus 1 sebesar 8.84 (55.26%) dan siklus 2 sebesar 12.89 (80.59%). Aktivitas guru dalam menerapkan media dakon meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I aktivitas guru mencapai 58.33%, pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 87.50%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan media Dakon dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menghitung, media dakon, luas persegi dan persegi panjang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 05:14
Last Modified: 13 Sep 2013 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item View Item