Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Metode Circ Melalui Media Komik Strips Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri 2 Termas Tahun 2012/2013

Riyono, Riyono (2013) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Metode Circ Melalui Media Komik Strips Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri 2 Termas Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis metode CIRC melalui media komik strips pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan sebanyak 28 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan metode CIRC melalui metode komik strips. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Termas menggunakan metode CIRC melalui media komik strips sebesar > 80% dari jumlah keseluruhan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode CIRC melalui media komik strips pada siklus I terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa sebesar 74.71%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83.56%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode CIRC melalui komik strip dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Metode CIRC, Media Komik Strips
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 06:29
Last Modified: 02 Sep 2013 18:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25395

Actions (login required)

View Item View Item