Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Tahun 2012/2013

Hakim, Eka Lukmanul (2013) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan; (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament pada siswa kelas IV SDN 02 Koripan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang telah tuntas menguasai materi sebanyak 18 siswa atau 90%. Sedangkan yang belum tuntas ada 10 % atau 2 siswa. Proses pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman. Hal ini dapat diketahui dari hasil pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran siswa. Hipotesis tindakan yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu penggunann model pembelajaran Team Games Tournamnt (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang Konsep Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Tahun 2012/2013, sehingga hipotesis yang dirumuskan dapat terjawab/ diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model, Teams Games Tournament, hasil, dan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Aug 2013 10:19
Last Modified: 30 Aug 2013 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item