ANALISA BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN KELAYAKAN TARIF ANGKUTAN ANTAR KOTA ANTAR PROPINSI (AKAP) (Studi Kasus Bus Executive PO. Tunggal Daya Jurusan Wonogiri- Jakarta)

KUSUMASARI , DITA (2008) ANALISA BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN KELAYAKAN TARIF ANGKUTAN ANTAR KOTA ANTAR PROPINSI (AKAP) (Studi Kasus Bus Executive PO. Tunggal Daya Jurusan Wonogiri- Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100000019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF
D100000019.pdf

Download (89kB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan kelayakan tarif bus Jurusan Wonogiri-Jakarta khususnya bus Executive Tunggal Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Inferensial (meneliti keadaan objek dan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan, Load Factor, waktu sirkulasi, waktu henti, availability, dan jumlah penumpang.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik pada setiap agen serta jumlah penumpang turun sampai Jakarata, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal atau agen, jam berangkat dan jam tiba serta kapasitas angkutan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadwal pemberangkatan bus Jurusan Wonogiri-Jakarta, harga satuan komponen biaya operasi kendaraan serta tarif dasar angkutan umum dari DLLAJ. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisis untuk mendapatkan parameter kelayakan tarif dan kinerja bus Executive tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja bus Jurusan Wonogiri-Jakarta khususnya bus Executive Tunggal Daya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata sebesar 40,273 km/jam karena standar kecepatan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 30 km/jam, waktu sirkulasi bus Executive Tunggal Daya sesuai hasil perhitungan sebesar 8662 menit, Load Factor bus Executive Tunggal Daya sebesar 81,12% apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapakn sebesar 70% -100% maka Load Factor bus Executive Tunggal Daya telah memenuhi standar, BOK untuk bus executive Tunggal Daya sebesar Rp. 4.539,63/km. Sedangkan tarif penumpang di lapangan sebesar Rp. 130.000,-, tarif sesuai BOK sebesar Rp. 123.404,07. BCR (Benefit Cost Ratio) untuk bus Executive PO. Tunggal Daya sebesar 1,13 dan NPV (Net Present Value) Rp. 5.593.900,84. Dari hasil analisis tersebut, dapat dilihat bahwa kinerja bus Executive Tunggal Daya layak bila ditinjau dari aspek ekonomis, karena dengan tarif tersebut pemilik perusahaan otobus masih mengalami keuntungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya operasional Kendaraan (BOK), Tarif
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:14
Last Modified: 16 Nov 2010 22:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item