Pengaruh Permainan Sandiwara Terhadap Kecerdasan Bahasa Di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013

Alfia, Yunita Ika and , Drs. Haryono Yuwono, SE and , Junita Dwi Wardani, SE, M. Ed (2013) Pengaruh Permainan Sandiwara Terhadap Kecerdasan Bahasa Di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh permainan sandiwara terhadap kecerdasan bahasa anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen yang berjumlah 30 anak yaitu 13 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan uji independentsampel t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran permainan sandiwara terhadap kecerdasan bahasa pada anak prasekolah di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen tahun 2012/2013, hal ini dapat dibuktikan bahwa 1Cpermainan sandiwara lebih dapat mengembangkan kecerdasan bahasa dibanding penggunaan metode lain di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen tahun 2012/2013, hal tersebut nampak dari nilai rata-rata kecerdasan bahasa anak sebelum permainan sandiwara 29,4333 dan setelah dilakukan pemberian pembelajaran permainan sandiwara kecerdasan bahasa anak mengalami peningkatan sebesar 36,3667. Kesimpulan ini berdasarkan uji-t diperolehthitung> ttabel yaitu 14,688 > 2,045, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh permainan sandiwara terhadap kecerdasan bahasa anak di BA Aisyiyah IX Sambirembe Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan sandiwara, kecerdasan bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:36
Last Modified: 25 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item