Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation (PTK Bagi Siswa Kelas VII.E Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali 2012/2013)

Habsari, Mursidah and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation (PTK Bagi Siswa Kelas VII.E Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII.E SMP N 2 Sawit melalui strategi pembelajaran group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dengan peneliti. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII.E SMP N 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 30 anak sebagai penerima tindakan, guru sebagai pemberi tindakan, sedangkan peneliti sebagai observer dan membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemandirian belajar yang meliputi indikator; 1) perhatian terhadap pelajaran dari 13,33% sebelum tindakan menjadi 50% sesudah tindakan, 2) kemampuan menjawab pertanyaan dari 6,67% sebelum tindakan menjadi 53,33% sesudah tindakan, 3) keberanian mengajukan pertanyaan dari 3,33% sebelum tindakan menjadi 50% sesudah tindakan, 4) keberanian mengemukakan pendapat dari 10% sebelum tindakan menjadi 50% sesudah tindakan, 5) keberanian mengerjakan soal di depan kelas dari 10% sebelum tindakan menjadi 56,67% sesudah tindakan, 6) tanggungjawab dari 13,33% sebelum tindakan menjadi 60% sesudah tindakan. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika dari 10% sebelum tindakan menjadi 53,33% sesudah tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemandirian dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran group investigation.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: group investigation, kemandirian belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:21
Last Modified: 02 Nov 2021 23:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item