Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Melalui Strategi Auditory Intellectualy Repetition ( Air ) Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013)

Sari, Puput Purwita and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Melalui Strategi Auditory Intellectualy Repetition ( Air ) Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab V)
05_bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09__NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui strategi Auditory Intellectualy Repetition.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIIB SMP Negeri 2 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Auditory Intellectualy Repetition. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator komunikasi, yaitu: 1) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis dan gambar sebelum dilakukan tindakan 26,66% dan diakhir tindakan mencapai 60%,2)Kemampuan memberikan alasan/bukti terhadap kebenaran solusi dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan 20% dan diakhir tindakan mencapai 80%, 3) Kemampuan mengkomunikasikan gagasan atau ide dalam menyelesaikan masalah matematika sebelum dilakukan tindakan 23,33% dan diakhir tindakan mencapai 60%, 4) Kemampuan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan matematika 30% dan diakhir tindakan mencapai 86,67%. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari nilai akhir siswa yang mencapai tingkat ketuntasan ≥ KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 3,33% dan diakhir tindakan sebesar 86,67%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme melalui strategi Auditory Intellectualy Repetition dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil-Belajar, pendekatan konstruktivisme, Auditory Intellectualy Repetition
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2013 07:12
Last Modified: 02 Nov 2021 23:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item View Item