Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno)

Agustin, Anis Ayu and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (938kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari indikator-indikator , yaitu banyaknya siswa yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (35,29%) dan setelah tindakan sebanyak 31 siswa (91,17%); banyaknya siswa yang dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 27 siswa (79,41%); banyaknya siswa yang dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (26,47%) dan setelah tindakan sebanyak 25 siswa (73,5%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (≥68) sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (76,47%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Chalk and Talk , pemahaman konsep, alat peraga, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2013 06:23
Last Modified: 02 Nov 2021 23:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25319

Actions (login required)

View Item View Item