Upaya Mengembangkan Kemampuan Sains Melalui Permainan Exploratif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Sunarti, Sunarti and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Sains Melalui Permainan Exploratif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (380kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains pada anak melalui permainan exploratif pada TK Pertiwi Sumber Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan sains pada anak dikumpulkan dengan metode observasi. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam sains pada anak dikumpulkan melalui permainan exploratif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan exploratif dapat mengembangkan kemampuam sains pada anak di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten. Perkembangan kemampuan sains dimulai dari prasiklus mencapai 44,75%, siklus I mencapai 61,75%, siklus II mencapai 87,13%. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan eksploratif yang berhasil sebagai berikut : (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang, (e) menyebutkan warna yang di tunjuk oleh guru, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam Sains, permainan exploratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 08:30
Last Modified: 01 Nov 2021 02:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item View Item