Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berhitung Melalui Permainan Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Bareng Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Supriyanti, Dewi (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berhitung Melalui Permainan Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Bareng Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAAN_DEPAN.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan berhitung balok Cuisenaire dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak pada TK Pertiwi Bareng Kelompok A Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/201. PTK ini terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Observasi dari buku leger sebagai awal pencarian data. Metode pengumpulan data yang pokok adalah observasi. Jumlah subyek penelitian sebanyak 25 anak kelompok A dan dalam menganalisa data penulis menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian tindakan kelas yang di lakukan di TK Pertiwi Bareng Klaten dapat disimpulkan bahwa.Permainan berhitung balok Cuisenaire dapat mengembangkan kognitif anak Kelompok A di TK Pertiwi Bareng Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan pada pra siklus tanda ● sebanyak 18 dengan rata-rata 0.72, tanda √ sebanyak 123 dengan rata-rata sebesar 4.92 dan yang bertanda Ο sebanyak 82 jumlah tanda ● dan √ sebanyak 141 dengan ratarata 5.64, dan jumlah prosentase 1566.67 rata-rata prosentase sebesar 62.67%, Siklus 1 jumlah tanda ● sebanyak 26 dengan rata rata 1.04, tanda √ sebanyak 123, jumlah tanda ● dan √ sebanyak 149 dengan rata-rata 5.96, dan jumlah prosentase 1655.8 % rata-rata prosentase sebesar 66.22%. terdapat mengembangkan jumlah tanda ● dan √ sebanyak 8 dengan rata-rata 0.32, dan jumlah prosentase 88.89, rata-rata prosentase sebesar 3.56 %.Siklus 2 tanda ● sebanyak 29 dengan rata rata 1.16, tanda √ sebanyak 134 jumlah tanda ● dan √ sebanyak 163 dengan rata-rata 6.52, dan jumlah prosentase 1811.11 % rata-rata prosentase sebesar 72.44%. terdapat mengembangkan jumlah tanda ● dan √ sebanyak 14 dengan rata-rata 0.56, dan jumlah prosentase 155.56, rata-rata prosentase sebesar 6.22 %, Siklus 3 tanda ● sebanyak 66 dengan rata rata 2.64, tanda √ sebanyak 147 jumlah tanda ● dan √ sebanyak 213 dengan rata-rata 8.52, dan jumlah prosentase 2366.67 % rata-rata prosentase sebesar 94.67%. terdapat mengembangkan jumlah tanda ● dan √ sebanyak 50 dengan rata-rata 2.00 dan jumlah prosentase 555.56%, rata-rata prosentase sebesar 22.22 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan kemampuan kognitif, permainan berhitung balok Cuisenaire
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 07:37
Last Modified: 22 Aug 2013 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25299

Actions (login required)

View Item View Item