Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Metode Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Joton I Jogonalan, Klaten Tahun 2012 / 2013

Purwanti, Sri and , Dr. Hj. Darsinah, SE. M.Si. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Menggunakan Metode Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Joton I Jogonalan, Klaten Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (163kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan membaca awal anak melalui metode permainan kartu kata pada Kelompok B TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan kegiatan permainan kartu kata dapat mengembangkan kemampuan membaca awal anak Kelompok B TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Prosedur penelitian ini adalah suatu rangkaian tahap peneliti awal sampai akhir. Prosedur penelitian ini mencakup tahap-tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak-anak Kelompok B TK Aisyiyah Joton I Jogonalan Klaten yang berjumlah 15 anak. Dalam penelitian ini ada dua jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa kemampuan membaca awal digunakan teknik observasi yaitu melakukan pengamatan langsung dengan teliti. Data kualitatif berupa pelaksanaan media permainan kartu kata. Data pembelajaran dengan metode permainan kartu kata dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Data kemampuan membaca awal dianalisis dengan analisis komparatif sedangkan data pembelajaran dengan permainan kartu kata dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak melalu metode permainan kartu kata. Hal ini dapat diketahui peningkatan pada setiap siklus yaitu Siklus I 73,75% dan Siklus II 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan kartu kata, membaca awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 07:30
Last Modified: 29 Oct 2021 23:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item