Upaya Peningkatan AktivItas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Snow Ball TrRowing Bagi Siswa Kelas I V SDN 1 Jomboran, Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Raharjo, Joko and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatan AktivItas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Snow Ball TrRowing Bagi Siswa Kelas I V SDN 1 Jomboran, Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (663kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (843kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Snowball Throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing- masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing- masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran, kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012 /2013. Penelitian ini mencoba mengembangkan model Snowball Throwing dan mengaplikasikan pada mata pelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana pada siswa kelas IV, SDN 1 Jomboran , kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini mempunyai tahapan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumntasi. Data observasi didapat tingkat aktivitas siswa pada Pra Siklus 20 siswa = 50%, pada akhir Siklus I 26 siswa = 65%, pada akhir Siklus II 34 siswa = 85%. Observasi hasil belajar pada Pra Siklus 6,4 = 50%, pada akhir Siklus I 7,5 = 80%, pada akhir Siklus II 8,7 = 95% atau sekitar 38 siswa dari 40 siswa sudah dinyatakan tuntas. Melalui pengembangan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 06:32
Last Modified: 26 Oct 2021 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item