Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Syamasri, Kiki Ken Asih and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (350kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Langit Mekah Berkabut Merah, (2) konflik batin tokoh Midah dan Firdaus yang terkandung dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah karya Aguk Irawan tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah kalimat, paragraf, dan wacana dalam teks novel Langit Mekah Berkabut Merah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pembacaan heuristik, hermeneutik, dalam aplikasinya menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural, tema novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu sikap rela berkorban seorang perempuan demi orang yang disayanginya, meski mengakibatkan penderitaan. Alur dalam novel ini yaitu alur maju. Tokoh utama dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu Midah. Latar tempat dalam novel ini di negara Indonesia, Mesir dan Arab. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 1,5 sampai 2 tahun. Latar sosial yang digambarkan adalah Midah terpaksa meninggalkan sekolah dan bekerja sebagai TKW demi memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah meliputi konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, dan konflik menjauh-menjauh. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, pada Standar Kompetensi ke-2 berkaitan dengan membaca dan Kompetensi Dasar 7.2 yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, khususnya kelas X1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, novel Langit Mekah Berkabut, psikologi sastra, dan bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:52
Last Modified: 02 Nov 2021 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item View Item