Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here Media Movie Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Sunarti, Sunarti and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here Media Movie Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII D SMP Negeri 4 Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode everyone is a teacher here media movie. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan kegiatan masing-masing yaitu dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu Nilai kognitif pada nilai awal rata-ratanya adalah 6,38 meningkat 1,00 point menjadi 7,38 pada siklus I, sedangkan siklus I rata-ratanya adalah 7,38 meningkat 1,25 menjadi 8,63 pada siklus II. Nilai afektifnya meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 5,25 (cukup berminat) menjadi 9 (sangat berminat). Siswa yang mencapai KKM (75) sebanyak 20 siswa atau setara dengan 83,33% sehingga target pencapaian penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa minimal 60% siswa mencapai KKM (75) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode everyone is a teacher here media movie dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi zat adiktif dan psikotropika siswa kelasVIII D SMP Negeri Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran everyone is a teacher here, media movie, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:29
Last Modified: 26 Oct 2021 15:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item