Aspek Edukatif Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Puspita, Siska Maya and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2013) Aspek Edukatif Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun Novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata; (2) mendeskripsikan aspek edukatif yang terkandung dalam Novel Sebelas Patriot dengan pendekatan semiotik; (3) mendeskripsikan implementasi aspek edukatif dalam Novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah aspek edukatif dalam Novel Sebelas Patriot. Data penelitian ini berupa frase, kata, kalimat, dan paragraf yang ada dalam Novel Sebelas Patriot dengan tinjauan semiotik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teoritis dan triangulasi data. Analisis data menggunakan metode pembacaan semiotik (heuristik dan hermeneutik) dan semiotik Pierce. Hasil analisis struktural adalah tema Novel Sebelas Patriot yaitu cinta dan pengorbanan dalam menggapai cita-cita. Alur yang digunakan alur maju. Tokoh utama yakni Ikal. Tokoh tambahan adalah Ayah Ikal, Ibu Ikal, Paman-paman Ikal. Latar waktu tahun 1986-2002. Latar tempat di Pulau Belitong, Perancis dan Spanyol. Latar sosial yakni (1) kondisi sosial pada zaman Belanda, (2) kondisi sosial ketika Ikal kecil hingga dewasa di Belitong, dan (3) kondisi sosial ketika Ikal merantau ke Eropa. Hasil analisis aspek edukatif dalam Novel Sebelas Patriot dengan tinjauan semiotik di antaranya (1) kedamaian ditunjukkan oleh Ayah Ikal ketika menentramkan hati Ikal yang ketakutan (2) nilai cinta di antaranya: (a) cinta terhadap kedua orang tua ditunjukkan oleh Ikal dengan menggantikan posisi Ayahnya sebagai pemain sepak bola, (b) cinta Tanah Air ditunjukkan oleh Ikal, Ayah Ikal, pelatih Toharun dan masyarakat Belitong, (c) cinta terhadap sesama manusia ditunjukkan oleh Adriana saat memberikan tiket nonton kepada Ikal dan (d) cinta kepada Tuhan ditunjukkan oleh aktifitas mengaji, berdoa, dan sholat, (3) tanggung jawab ditunjukkan oleh Ayah Ikal yang menjadi kuli dengan gaji tetap untuk menafkahi keluarganya, (4) kerjasama yang ditunjukkan oleh tiga saudara di lapangan untuk mengalahkan tim Belanda, (5) kebahagiaan Ikal dan Adriana yang bercerita tentang sepak bola (6) kesederhanaan ditunjukkan oleh Ikal ketika melakukan perjalanan ke Madrid (7) penghargaan prestasi yang diberikan Ayah Ikal kepada anaknya meskipun usahanya gagal dan (8) persatuan yang ditunjukkan oleh rakyat Melayu melawan penindasan Belanda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Edukatif, Tinjauan Semiotik, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:25
Last Modified: 02 Nov 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item View Item