Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2012/2013

Rahayu, Sri and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (597kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh antara prestasi belajar terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 2) Mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 3) Mengetahui pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 4) Mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara prestasi belajar, motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistic dibantu SPSS for windows versi 15.00. Populasi dalam penelitian ini adalah 170 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 115 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y =8,726 + 0, 175 X1 + 0, 165 X2 + 0, 199 X3 . Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Prestasi belajar berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,495> 2,272 dan nilai signifikansi 5% dengan sumbangan efektif sebesar 27,65. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,438 > 2,272 dan nilai signifikansi 5% dengan sumbangan efektif sebesar 18,9%. 3) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,917 > 2,272 dan nilai signifikansi 5% dengan sumbangan efektif sebesar 22,1%. 4) Prestasi belajar, motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 80,874 >2,687 dan nilai signifikansi 5%. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,686 menunjukkan bahwa variabel minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh variabel prestasi belajar, motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua adalah 68,6%, dimana kontribusi yang diberikan oleh variabel prestasi belajar sebesar 27,6%, variabel motivasi belajar sebesar 18,9%, sedangkan utnuk variabel status sosial ekonomi orang tua sebesar 22,1%, sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 06:59
Last Modified: 30 Oct 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item