Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karanglo Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Ernawati, Dwi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karanglo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglo tahun pelajaran 2012 / 2013 dengan menerapkan strategi pembelajaran Index card match, yang meliputi : perhatian dalam mengikuti pelajaran, penyelesaian tugas, dan partisipasi aktif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglo, Klaten selatan yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mennggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi selain itu juga menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes dan skor motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA yang dilihat dari aspek : (1) perhatian anak dalam mengikuti pelajaran, sebelum tindakan 43% dan sesudah tindakan 87% (2) penyelesaian tugas, sebelum tindakan 39% setelah tindakan 83% (3) partisipasi aktif, sebelum tindakan 22% setelah tindakan 96%. Berdasarkan diterapkanya strategi Index card match, menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Karanglo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Motivasi Belajar IPA, Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 06:42
Last Modified: 25 Oct 2021 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item