Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN I Bentangan Tahun 2012/2013

Wijayadi, Ahmad and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN I Bentangan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap aktifitas peserta didik dan hasil belajar IPA peserta didik Kelas IV SDN I Bentangan Wonosari Klaten, (2)Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah digunakannya model pembelajaran jigsaw pada peserta didik Kelas IV SDN I Bentangan Wonosari Klaten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Bentangan, Wonosari dengan jumlah siswa 40 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkanpenggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN I Bentangan Wonosari Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya aktifitas dan siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 4 anak, aktif ada 8 anak, cukup aktif ada 17 anak dan kurang aktif ada 11 anak meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 5 anak, aktif ada 10 anak, cukup aktif ada 23 anak dan kurang aktif ada 2 anakpada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatandari nilai rata-rata sebelum tindakan ke siklus I yang semula60,75 meningkat menjadi69,25 Dari siklus I 69,25 menjadi 73,5 pada siklus II.Jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 19 anak pada pra tindakan menjadi 30 anak pada siklus I. Dari 34 anak pada siklus I menjadi 36 anak pada siklus II. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarIPA pada siswa kelas IVSDN 1 Bentangan Wonosari Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran jigsaw, aktivitas, hasil belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 06:28
Last Modified: 25 Oct 2021 12:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item View Item