Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Keprabon Polanharjo Klaten Tahun 2012/ 2013

Afiatun, Sulis (2013) Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Keprabon Polanharjo Klaten Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan kreativitas belajar IPS dengan menerapkan strategi make a match (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan strategi make a match pada siswa kelas IV SDN 2 Keprabon Polanharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Keprabon yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV melalui penerapan strategi make a match. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan indicator pencapaian kreativitas belajar siswa dari pra siklus, ke siklus II pertemuan kedua yakni dari 18 siswa yang ada, dari aspek sering mengajukan pertanyaan dari 27% meningkat menjadi 89%, kemampuan siswa memberikan pendapat dari 22% meningkat menjadi 94%, kemampuan memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa lainnya dari 0% meningkat menjadi 89%, keterampilan dalam menjawab pertanyaan guru dalam diskusi kelompok dari 0% meningkat menjadi 94% dan keberanian dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari 0% meningkat menjadi 89%. Selain itu prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM (

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, strategi make a match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 08:18
Last Modified: 20 Aug 2013 08:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item View Item