Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Kriswati (2013) Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual siswa kelas IV SD Negeri 2 Barukan. (2)Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontektual pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo Klaten yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data yang dengan model interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian aktivitas belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II pertemuan kedua, yaitu: dari 29 siswa yang ada, dari aspek kerjasama dalam aktivitas belajar dari 65,52% menjadi 89,65%, mendengarkan penjelasan guru dari 51,73% menjadi 86,20%, tanggung jawab dalam percobaan dari 62,07% menjadi 82,75%, rasa senang selama pembelajaran dari 51,73% menjadi 86,20%. Selain itu prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥65) juga menunjukkan peningkatan, pada pra siklus hanya mencapai 37,93%, pada siklus I meningkat menjadi 65,51%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, penerapan pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 08:07
Last Modified: 20 Aug 2013 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25260

Actions (login required)

View Item View Item