Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013

Umardani, Umardani and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_Bab_1.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
02_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab III)
03_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi jigsaw siswa kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi jigsaw siswa kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 02 Sribit Kecamatan Delanggu. Jenis penelitian adalan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Dari hasil peneliti tentang aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 2 Sribit, tindakan yang dilakukan guru sebagai peneliti adalah mendorong siswa agar termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Strategi jigsaw yang diterapkan berupa belajar kooperatif dan interaktif, dengan memanfaatkan belajar diskusi kelompok yang bertujuan agar siswa bebas mengemukakan ide/pendapatnya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan, Strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa dituntut aktif untuk mengerjakan soal latihan baik secara kelompok maupun individu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Jigsaw, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 07:38
Last Modified: 25 Oct 2021 12:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item View Item