Penggunaan Media Seqip Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung Tahun Pelajaran 2012/2013

Waskito, Pekik and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Penggunaan Media Seqip Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HAL_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_1.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kreatifitas belajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) melalui penggunaan media SEQIP siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung dan Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) melalui penggunaan media SEQIP siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil pengolahan data dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik simpulan Hasil Penelitian menunjukkan hasil yang positif yaitu kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran lebih kreatif sehingga banyak materi yang dapat diserap oleh siswa, ketrampilan siswa dalam mengelola kit IPA semakin meningkat bahkan mengalami perubahan positif dari tidak bisa menjadi sangat aktif. Indikator lain yang dapat digunakan adalah dengan meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklus, perubahan ini cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya nilai-nilai siswa dari hasil tes atau ujian yang dilakukan di setiap skhir dari siklus. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut: “Melalui penerapan media SEQIP dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Pomah semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti kebenarannya..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, Kreatifitas, SEQIP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 07:24
Last Modified: 25 Oct 2021 12:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25257

Actions (login required)

View Item View Item