Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Melalui Media Benda-Benda Nyata Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bogem Bayat Klaten

Wijayanti, Ika Sri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Melalui Media Benda-Benda Nyata Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bogem Bayat Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah digunakan media bendabenda nyata pada siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten, (2) untuk mengetahui se jauh mana penguasaan materi pada mata pelajaran IPA setelah digunakan media benda-benda nyata pada siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN Bogem Bayat Klaten dengan jumlah siswa 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media benda-benda nyata dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya keaktifan dan siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 6 anak, aktif ada 6 anak, cukup aktif ada 5 anak, kurang aktif ada 4 anak meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 12 anak, aktif ada 6 anak, cukup aktif ada 2 anak dan kurang aktif ada 1 anak pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan ke siklus I yang semula 51,42 meningkat menjadi 68,09. Dari siklus I 68,09 meningkat menjadi 78,09 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 4 anak pada pratindakan menjadi 13 anak pada siklus I. Dari 13 anak pada siklus I meningkat menjadi 18 anak pada siklus II. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui media benda-benda nyata dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VSDN Bogem Bayat Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media benda-benda nyata, keaktifan, hasil belajar dan IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 07:16
Last Modified: 25 Oct 2021 12:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item