Peningkatan Kemampuan Menghafal Kosakata Melalui Strategi Word Square Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang I Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013

Nugroho, Kusindarto Setyo and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Menghafal Kosakata Melalui Strategi Word Square Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang I Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA..pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (111kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata melalui strategi word square pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang I Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti sebagai pelaku tindakan.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan.Masing-masing siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pajang I selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pada saat pra siklus prosentase jumlah siswa memperoleh nilai tuntas dalam kemampuananya menghafal kosakata sebesar 32,60 % .Kemudian setelah diterapkankannya strategi word square pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mengalami peningkatan kemampuannya atau tuntas meningkat sebesar 73,90 % dan dilanjutkan pada tindakan siklus II jumlah siswa yang mengalami peningkatan kemampuannya atau tuntas meningkat lagi sebesar 93,50 %. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi word square dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pajang I tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menghafal kosakata, strategi word square.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2013 08:14
Last Modified: 31 Oct 2021 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item