Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Problem Based Intruction (PBI) Melalui Penggunaan Alat Peraga Electric Cube (PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Cepogo Boyolali Tahun 2012/2013)

Rakhmawati, Faridha and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Problem Based Intruction (PBI) Melalui Penggunaan Alat Peraga Electric Cube (PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Cepogo Boyolali Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lmapiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan strategi Problem Based Instruction (PBI) melalui penggunaan alat peraga Electric Cube. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP N 1 Cepogoyang berjumlah 34 siswa. Metode Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dengan penerapan penggunaan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator yaitu banyaknya siswa yang mampu memahami permasalahan sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (44,11%) dan setelah tindakan sebanyak 32 siswa (94,11%); mampu merencanakan penyelesaian masalah sebelum tindakan sebanyak 14 siswa (41,17%) dan setelah tindakan sebanyak 32 siswa (94,11%); mampu melaksanaan penyelesaian dari perencanaan penyelesaian masalah sebelum tndakan sebanyak 12 siswa (35,29%) dan setelah tindakan sebanyak 28 siswa (82,35%); dan mampu menafsirkan hasil atau membuktikan kebenaran jawaban yang diperoleh sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan sesudah tindakan sebanyak 28 siswa (88,23%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Instruction (PBI) melalui penggunaan alat peraga Electric Cube dapat meningkatkan kemampuanpemecahan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, strategi pembelajaran Problem Based Instruction, alat peraga, Electric Cube
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2013 07:01
Last Modified: 02 Nov 2021 23:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25232

Actions (login required)

View Item View Item