Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu)

Susanto, Sadam Tri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (466kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan oleh peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa khususnya pada pokok bahasan segiempat melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Delanggu yang berjumlah 36 orang. Langkah penelitian adalah dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa yaitu kemampuan siswa menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar atau diagram dari yang awalnya sebanyak 13 siswa (36,11%) meningkat menjadi 27 siswa (75,00 %), kemampuan siswa dalam presentasi yang awalnya sebanyak 8 siswa (22,22%) meningkat menjadi 24 siswa (66,67 %), dan keaktifan siswa yang awalnya sebanyak 12 siswa (33,33%) meningkat menjadi 24 siswa (66,67 %). Sehingga disimpulkan penerapan metode pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika , keaktifan siswa, realistic mathematics education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2013 06:50
Last Modified: 02 Nov 2021 23:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item