Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash (PTK di Kelas VIII Semester II SMP N 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013)

Abdullah, Bayu Mukti (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash (PTK di Kelas VIII Semester II SMP N 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.Hlm_depan.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.Daftar_pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.lmpirn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf

Download (92kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wuryantoro Wonogiri tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Adobe Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Wuryantoro Wonogiri yang berjumlah 34 siswa, sebagai obyek penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, verifikasi data (penarikan kesimpulan). Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika meliputi: 1) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan menjadi 61,76%, 2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh soal sebelum tindakan 23,52% dan setelah tindakan menjadi 55,88%, 3) kemampuan siswa mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan menjadi 52,94%, 4) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum tindakan 58,82% dan sesudah tindakan menjadi 79,41%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, prestasi belajar, media pembelajaran Adobe Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 06:33
Last Modified: 15 Aug 2013 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25229

Actions (login required)

View Item View Item