Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Polya’s Steps (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Temon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Rifa’i, Riza Muhammad and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Polya’s Steps (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Temon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (775kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran problem solving berbasis polya’s steps pada siswa kelas VII-A MTs Negeri Temon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dengan peneliti. Siswa kelas VII-A berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 36 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian yaitu metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam 1) menjelaskan ide matematika secara lisan, tulisan, gambar, grafik, maupun aljabar dari kondisi awal 30,56% menjadi 86,11%, 2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika dari kondisi awal 19,44% menjadi 75%, 3) berdiskusi matematika dari kondisi awal 27,78% menjadi 91,67%. Tingkat ketuntasan siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 dari kondisi awal 16,67% menjadi 77,78%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbasis polya’s steps dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil Belajar, Problem Solving, Polya’s Steps
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2013 10:28
Last Modified: 02 Nov 2021 23:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item