Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi CIRC Berbasis Peta Konsep (PTK Bagi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013)

Widiyanto, Eko and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi CIRC Berbasis Peta Konsep (PTK Bagi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar metematika pada materi kubus dan balok melalui strategi CIRC berbasis peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri I Gatak Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi dan hasil belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 11,76%, pada siklus I 17,65%, pada siklus II 29,41%, dan diakhir tindakan 47,06%, 2) Siswa yang menjawab pertanyaan secara lisan maupun tertulis dengan benar sebelum tindakan 17,65%, pada siklus I 26,47%, pada siklus II 41,18%, dan diakhir tindakan 61,76%, 3) Siswa yang dapat berdiskusi dalam tim sebelum tindakan 35,29%, pada siklus I 50%, pada siklus II 70,59%, dan diakhir tindakan 85,29%. nilai tes mandiri siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75 sebelum tindakan 38,24%, pada siklus I 52,94%, pada siklus II 70,59%, dan diakhir tindakan 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran CIRC berbasis peta konsep dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, circ, dan peta konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 07:47
Last Modified: 02 Nov 2021 23:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item