Peningkatan Penalaran dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Temon Boyolali Tahun 2012/2013)

Yunianto, Wiwit and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Penalaran dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Temon Boyolali Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan penalaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dengan strategi mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIC MTs Negeri Temon Boyolali yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan, sedangkan obyek peneltian adalah penalaran dan hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah: proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi data, sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh; 1) Peningkatan penalaran siswa dilihat dari meningkatnya indikator a) siswa yang mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi, sebelum dilakukan tindakan hanya ada 8 siswa (22,85%), diakhirtindakan menjadi 30 siswa (85,71%). b) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan jelas dan benar hanya ada 6 siswa (17,14%) diakhir tindakanmenjadi 27 siswa (77,14%), c) Siswa yang mampu menarik kesimpulan, sebelum tindakan hanya ada 9 siswa (25,71%) diakhir tindakan dapat meningkat menjadi 29 siswa (82,85%), d) Siswa yang mampu mengevaluasi penyelesaian suatu masalah, sebelum tindakan hanya ada 7 siswa (20 %) diakhir tindakan menjadi 25 siswa (71,42%); 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang memenuhi nilai KKM ≥70, Sebelum dilakukan tindakan hanya ada 9 siswa dengan prosentase (25,71%) diakhir tindakan menjadi 27 siswa (77,14%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan penalaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, hasil belajar,kontekstual, mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 05:24
Last Modified: 02 Nov 2021 22:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item View Item