Nilai Edukatif Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Nugroho, Novianto and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Zaenal Arifin, M.Hum (2013) Nilai Edukatif Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar; (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai edukatif dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat dan paragraf serta peristiwa yang ada dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer yakni novel Surat Kecil untuk Tuhan dan sumber data sekuder yakni www.agnesdavonar.net. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pustaka dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Struktur novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar difokuskan pada: tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan adalah perjuangan dan ketabahan seorang gadis remaja dalam menghadapi cobaan hidup; alurnya menggunakan alur maju, tokoh utamanya Keke, sifat karakteristik masing-masing tokoh berdasarkan tiga dimensi, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis; latar tempat meliputi Jakarta, Banten, Singapura, dan Bandung; latar waktu terjadi sekitar tahun 2003 sampai akhir tahun 2006, sejak masuk SMP sampai ujian sekolah lulus SMP; latar sosial merupakan latar sosial kehidupan keluarga Keke di dalam masyarakat, Keke terlahir dalam kelurga dengan ekonomi menengah ke atas. (2) Nilai edukatif dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar (a) nilai penghargaan, (b) nilai cinta, (c) nilai toleransi, (d) nilai kejujuran, (e) nilai kebahagiaan, (f) nilai tanggung jawab, (g) nilai persatuan. Hasil penelitian dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Surat Kecil untuk Tuhan, Nilai Edukatif, Sosiologi Sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2013 07:58
Last Modified: 02 Nov 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item