Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Tulisan Teks Berita Siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Rahmawati, Nuraini (2013) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Tulisan Teks Berita Siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (562kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk analisis kesalahan berbahasa bidang morfologi pada tulisan teks berita siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Waktu penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan data selama 2 minggu. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif noninteraktif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Objek dalam penelitian ini adalah tulisan teks berita siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah kata yang mengandung kesalahan berbahasa pada tulisan teks berita siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tulisan teks berita siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ada tiga, yaitu teknik dokumentasi, teknik simak, teknik catat. Dalam keabsahan data ini peneliti menggunakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah metode padan intralingual. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga klasifikasi bentuk kesalahan dalam bidang morfologi, yaitu afiksasi, penggunaan kata depan, dan pleonasme. Pengelompokan jenis kesalahan berbahasa bidang morfologi dalam penelitian ini berupa kesalahan dalam hal afiksasi seperti prefiks (prefiks meN-, prefiks di-, dan prefiks ber-), konfiks (konfiks di-kan, konfiks di-i, konfiks ke-an, konfiks pe-an, konfiks me-kan, konfiks me-i, dan konfiks ber-an), sufiks (sufiks -nya dan sufiks -an), kata depan (di dan ke), serta pleonasme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan berbahasa, morfologi, tulisan teks berita siswa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2013 06:11
Last Modified: 31 Jul 2013 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25157

Actions (login required)

View Item View Item