Bentuk, Hasil, Dan Respons Siswa Pada Penilaian Kemampuan Aktif Reseptif Dalam Pembelajaran Sastra Di Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Bowo, Sigit Arif (2013) Bentuk, Hasil, Dan Respons Siswa Pada Penilaian Kemampuan Aktif Reseptif Dalam Pembelajaran Sastra Di Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk penilaian, hasil penilaian dan respons siswa terhadap penilaian pembelajaran sastra kemampuan aktif reseptif di kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adaah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah segala bentuk informasi tentang penilaian pembelajaran sastra kemampuan aktif reseptif di kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data terdiri dari adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X.5, hasil pengamatan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk penilaian yang digunakan dalam penilaian pembelajaran sastra kemampuan kemampuan aktif reseptif adalah tes dan nontes. Bentuk tes menggunakan teknik penilaian portofolio dan tes tertulis. Bentuk nontes menggunakan penilaian sikap; (2) hasil penilaian pada SK mendengarkan cerita rakyat menunjukkan nilai rata-rata kelas untuk penilaian portofolio adalah 80, sedangkan penilaian tes tertulis adalah 82. Pada SK membaca sastra Melayu klasik nilai rata-rata kelas pada penilaian portofolio adalah 83 sedangkan pada penilaian tes tertulis adalah 81. Hasil tersebut menunjukkan nilai siswa sudah tuntas. Pada penilaian sikap nilai rata-rata kelas adalah 3,4 untuk penilaian akhlak mulia dan 3,5 untuk penilaian kepribadian. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki sikap yang baik; (3) bentuk respons siswa berupa respons positif dan respons negatif. Respons positif ditunjukkan semua siswa yang berjumlah 32 siswa dengan mengerjakan semua tugas portofolio yang diberikan guru. Siswa juga sudah menerapkan sikap kejujuran saat berlangsungnya penilaian tes tertulis. Respons negatif ditunjukkan 4 siswa dengan hanya mengerjakan sebagian tugas portofolio dari guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan aktif reseptif, bentuk penilaian, hasil, respons siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 06:36
Last Modified: 30 Jul 2013 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item