Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama (Ilham) Pada Novel Memeluk Gerhana Karya Isa Kamari Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Pratiwi, Diyan and , Dr. M. Rohmadi, M. Hum . (2013) Aspek-Aspek Kepribadian Tokoh Utama (Ilham) Pada Novel Memeluk Gerhana Karya Isa Kamari Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan struktur novel Memeluk Gerhana, (2) untuk mendeskripsikan apek kepribadian pada tokoh utama Ilham dan (3) mendeskripsikan penerapan implementasi bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tokoh utama Ilham yang terdapat dalam novel Memeluk Gerhana tinjauan psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah novel Memeluk Gerhana karya Isa Kamari. Data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel dari internet merupakan situs yang dimiliki pengarang Isa Kamari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan teknik catat. Teknik validasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian analisis struktural pada novel Memeluk Gerhana yaitu tema tentang perjalanan hidup dan percintaan yang dialami Ilham Sadek yang tidak berujung. Unsur-unsur dalam novel tersebut antara tema, tokoh, alur, dan latar saling berhubungan baik yang menciptakan sebuah keutuhan karena semuanya terjalin dengan baik. Aspek-aspek kepribadian Ilham berdasarkan tinjauan psikologi sastra pada novel Memeluk Gerhana tokoh Ilham memiliki sifat yang berhati terbuka, dipengaruhi oleh data objektif, tidak lekas canggung dan mudah menyesuaikan diri. Implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA sangat dibutuhkan. Terutama pada novel terjemahan dan cocok untuk standar kompetensi 7. Memahami berbgai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan pada kompetensi dasar 7.2 Menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: psikologi sastra, aspek kepribadian, novel Memeluk Gerhana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 06:21
Last Modified: 02 Nov 2021 02:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item