Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Arianto, Fikhi and , Dra. Titik Suryani, M.Sc (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_awal.pdf

Download (802kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (241kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar biologi menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol (menggunakan metode ceramah), kelas VIII D sebagai kelas eksperimen I (menggunakan pembelajaran Two Stay Two Stray), kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II (menggunakan pembelajaran Think Pair Share). Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan tes bentuk obyektif. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji tersebut didapat hasil untuk uji normalitas TSTS, TPS, dan ceramah lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,063>0,05, 0,200>0,05, 0,056>0,05), sedangkan uji homogenitas lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,493>0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka data hasil belajar kognitif siswa berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji anava satu jalur (One Way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas dengan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray), kelas dengan pembelajaran TPS (Think Pair Share), dan kelas control (dengan metode ceramah), terdapat perbedaan secara nyata. Hal ini ditunjukkan dari uji anava satu jalur (One Way ANOVA) dihasilkan bahwa Fhitung(0,05) > Ftabel(α=0,05) (9,615 > 3,086).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, kuasi eksperimen, kuantitatif, tsts, tps, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 05:09
Last Modified: 26 Oct 2021 15:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25134

Actions (login required)

View Item View Item